Wednesday, January 25, 2012

Coffee Bun


Coffee bun ini terkenal dengan sebutan Roti Boy, ada juga yg menyebutnya Mexican Bun. Dua minggu lalu saya udah bikin tapi gagal krn kayaknya saya gak pas komposisi toppingnya sama lupa masukin ke kulkas. Jadilah waktu itu roti enak dengan topping yg pecah.
Alhamdulillah akhirnya pagi ini bisa memperbaiki kesalahan 2 minggu lalu :)

Resep saya pake resep roti standar yg biasa saya pake untuk roti-roti lain. Kali ini saya hanya bikin 350 gr tepung. Untuk topping dan isi saya pake resep dari grace kitchen corner. Kapan kapan bikin lagi saya mau pake isian butter aja kayak mbak Hesti bikin, sepertinya rasa isi roti boy lebih mendekati resep itu yaitu menggunakan potongan butter saja.

Bahan Roti

  • 350 gr tepung protein tinggi
  • 35 gr milk powder
  • 7 gr ragi instant
  • 75 gr gula
  • 50 gr butter
  • 150 ml air
  • 1/2 sdt garam
Bahan isi :
  • 100 gr butter
  • 1/4 vanilla ekstrak
  • 35 gr brown sugar
Bahan Topping
  • 50 gr butter
  • 40 gr icing sugar
  • 38 gr beaten egss
  • 1 sdt kopi larutkan dengan 1 sendok teh air
  • Sedikit bubuk kayu manis (optional)
  • 50 gr tepung

Cara :

Isi : Kocok butter dan brown sugar hingga benar2 rata dan gula larut, masukan vanilla ekstrak aduk rata. Simpan adonan di kulkas hingga nanti digunakan

Topping : Kocok butter dan icing sugar hingga gula larut masukkan telur, teruskan mengocok hingga rata, kemudian masukan pasta kopi dan bahan lain, teruskan mengaduk hingga rata. Masukkan adonan kedalam pipping bag. Simpan adonan di kulkas hingga nanti digunakan

Roti :
  • Aduk bahan kering hingga rata, masukkan kuning telur, setelah menggumpal gumpal rata masukkan air
  • aduk hingga setengah kalis , masukkan butter, terakhir masukkan garam
  • diamkan sampai roti mengembang dua kali lipat, lalu kempiskan
  • bagi adonan menjadi 12 bagian sama rata (timbang)
  • keluarkan bahan isi dari kulkas bagi menjadi 12 bagian
  • bulatkan adonan dan isi dengan bahan isi, tempatkan di loyang bakar yg sudah dialasi baking paper
  • diamkan 15 menit
  • keluarkan adonan topping dari kulkas, gunting ujung pipping bag
  • olesi roti dengan topping dengan gerakan melingkar sehingga seluruh permukaan roti tertutup rata topping
  • bakar dengan suhu 200 C selama 15 menit

  • 2 comments:

    Hesti HH. said...

    yuhuuuuu...finally jadi bikin roti boy. Cantik mbak bentuknya, dah mirip banget dengan aslinya.

    Puasss deh kita berdua udah bikin roti boy, lain kali bikin yang lain lagi barengan ya mbak...

    ibudirafisa said...

    ayo mbak..
    mau bikin apa..aku lg semangat2nya nih..